Sabtu, 29 Agustus 2009

Biogas - Energi Alternatif


Biogas merupakan suatu suku kata yang baru dan luar biasa dalam benak kita, betapa tidak, biogas sendiri terdiri dari dua kata yaitu Bio dan Gas. Bio artinya Proses hidup (dapat diperbaharui) dan Gas yang artinya gas untuk bahan bakar penghasil energi. Sehingga Biogas adalah gas bahan bakar yang diperoleh dari proses yang dihasilkan oleh bakteri pembusuk dari zat-zat buangan yang mengalami pembusukan tanpa Oksigen (Anaerobic digestion). Kurang lebih 50 – 70% Biogas terdiri dari Methana (CH4) dan 50 – 30% terdiri dari Karbon dioksida (CO2).

Biogas sendiri aman dan tidak beracun, hanya saja bahaya dari ledakkannya jika gas ini berbaur dengan udara tanpa terdeteksi dan tersulut api. Tapi jangan khawatir dulu Gas ini hanya dapat meledak jika gas yang berbaur dengan udara dan tersulut api pada ruangan tertutup. Oleh sebab itu Fasilitas yang diperlukan dalam menangani proses biogas harus diperhatikan, pengadaan instalasi yang baik sangatlah penting dilakukan.

Selain ramah lingkungan biogas dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga ataupun industri, gas ini dapat dirubah bentuk menjadi tenaga listrik setelah melalui proses tentunya sama sepertinya bahan bakar untuk kendaraan. 1 m3 biogas dapat memberi penerangan lampu bohlam dengan daya 60 – 100 watt selama 6 jam sama dengan memasak 3 jenis masakan untuk 5 – 6 kepala keluarga sama dengan menghemat penggunaan solar 0.7 kg sama dengan membangkitkan sebuah generator listrik dengan daya 1.25 kilwat perjam.

Lalu Apa keuntungan dari biogas? Keuntungan biogas antara lain:
  • Biogas merupakan energi alami yang bersih dalam penggunaan untuk umat manusia. Tanpa mencari sumber lain selain kotoran hewan/sampah sehingga tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya untuk membeli minyak dan tidak mengeluarkan banyak asap seperti dari pembakaran kayu dan batubara.
  • Memasak dengan biogas lebih cepat dan lebih mudah dari pada memasak memakai kayu bakar.
  • Sistem biogas membunuh berbagai bakteri dalam kotoran hewan selama proses berlangsung. Sebuah perternakan dengan sebuah sistem biogas adalah tempat yang bersih dan aman.
  • Sistem biogas memproduksi pupuk bio yang bermutu dari penggunaan sebuah perternakan.
  • Sistem biogas dapat melawan global warming dan tidak menimbulkan dampak rumah kaca dikarenakan gas methane setelah terbakar gas ini akan terurai, dan menghilangkan penggunaan pohon untuk kayu bakar keperluan memasak.

Bagaimana cara pembuatan biogas? Biogas dapat dibuat dari proses organic dalam tabung kedap udara (biogas digester). Ukuran tabung dapat bervariasi mulai dari ukuran yang kecil untuk penggunaan rumah tangga lihat di www.angelfire.com
hingga ukuran skala besar dengan daya tampung beberapa ribu kubik meter untuk penggunaan industri yang akan dikomersialkan.

Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar dan Saran anda sangat dibutuhkan sebagai kontribusi bagi kemajuan blog ini. Silahkan Poskan komentar anda dengan kata-kata yang santun, padat dan berisi. Terima kasih salam dari admin

Recent Post