Rabu, 01 April 2009

Kebangkitan dari Rural Crisis

Sesungguhnya apa yang menimpa dunia usaha akhir-akhir ini merupakan waktu suram pada abad ke dua puluh satu ini, bukan persoalan fluktuasi harga minyak saja yang menjadi problem satu-satunya, tetapi daya beli masyarakat juga yang menurun. Banyak faktor kenapa daya beli masyarakat menurun dan ini juga memberikan gambaran bahwa kemiskinan meningkat seiring dengan menurunnya pendapatan masyarakat khususnya pedesaan.
Program-program kemandirian masyarakat dari pemerintah belumlah cukup untuk menanggulangi masalah ini. Selain dari tingkat pendidikan yang rendah juga kesehatan kurang yang mengakibatkan pola pikir masyarakat mengutamakan kepentingan makan dan bertahan hidup seadanya dipertahankan pada era keterbukaan informasi ini.
Lalu apa kontribusi desa dengan keadaan demikian, haruskah masyarakat desa merantau ke kota mencari pendapatan yang lebih baik? Tentu saja tidak bila tujuannya hanya faktor ekonomi apalagi dengan tidak adanya keahlian atau pendidikan akan menambah beban kota.
Solusi yang tepat dalam penanggulangan krisis yang melibatkan masyarakat pedesaan adalah;
  • Pertama menciptakan peluang dan dorongan terhadap “kreativitas” yang produktif pada sektor riil mikro, seperti aspek budidaya agribisnis pertanian, perkebunan serta perikanan.
  • Kedua beri perhatian lebih pada pedesaan terpencil, karena boleh jadi kawasan pedesaan tersebut berpotensi sebagai salah satu sumber penghasil yang belum tersentuh teknologi sebab masih alami, sebagai contoh potensi kepariwisataan.
  • Ketiga meningkatkan pembangunan infrastruktur serta fasilitas penunjang lainnya di wilayah pedesaan, baik itu dari infrastruktur ekonomi (Seperti tranportasi, telekomunikasi, kelistrikan dan irigasi) maupun infrastruktur permukiman (Seperti air bersih, perumahan, balai desa, serta tempat ibadah)

2 komentar:

  1. Alo bro, po kabar, baru sempat buka blog u ini, tulisannyo ilmiah galo, mentanglah wong science..but keep writting guys, coz u can get ur dream by that. (couyoung darley)

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas partsipasinya
    buka blog ini.. kalau ingin mengirimkan Tulisan
    apa yang ada dipikiran Mr. Couyoung Darley boleh sign atau kirim ke email di Lenk.martanata@gmail.com
    Salam
    Apriadi

    BalasHapus

Komentar dan Saran anda sangat dibutuhkan sebagai kontribusi bagi kemajuan blog ini. Silahkan Poskan komentar anda dengan kata-kata yang santun, padat dan berisi. Terima kasih salam dari admin

Recent Post